Jumat, 14 April 2017

From QC to QA

Ahh... lama sekali rasanya Setelah entri terakhir, saya belum sempat lagi mengupdate Blog ini. Alhamdulilah saya sudah dapat pekerjaan yang baru. sibur? iya, ini perusahaan baru dan di tempat yang baru ini saya juga dapet jabatan yang beru juga.

Background saya tuh sebenernya Staff produksi dan Quality Control di PT yang lama. tapi di perusahaan ini saya jadi Quality Assurance dimana jabatan ini belum pernah saya alami sebelumnya. memang sih kita ada dalam satu department. satu ruangan lagi!  tapi job desc nya itu kayaknya agak beda ya dengan jabatan QC yang pernah saya alami. 

QC tuh apaan sih? ya simple aja, urusan nya mengamankan di dalam. menjaga kulitas, ukur sana - sini dan lebih banyak melakukan kegiatan pengujian attributive dan variable. Nih kalo saya alami mah Quality Assurance mah beda, seperti ini  : 


A. QA = Manajemen dokumen, dokumen requirement customer dan dokumen Quality. Revisi depan  - belakang kira yang pegang.

B. QA itu urusan nya dengan External, Supplier audit ( ini yang enak, kita jalan jalan ke perusahaan orang, dapet banyak ilmu tentang manajemen produksi perusahaan orang lain dan udah gitu sering di traktir lagi... lumayan lah. hehehe ) manajemen kompalain Customer, Nah ini nih yang gak enak nya. Udah dateng jauh jauh ke customer malah di marah marahin ...hadehh''' 

C. QA itu Bikin countermeasure, perbaikan ini - itu - Kaizen activity de el el.

D. Bikin laporan Defect ratio, laporan Abnormality dan findings report.

Nah gitu deh yang bisa saya jabarkan, menurut saya QA itu butuh orang yang pinter bicara ( pinter ngecapin lah istilahnya ..) berhubung saya orang nya kurang ekspresif cenderung pendiam makanya yang saya alami di QA tuh tantangan banget. beuh pokoknya pengalaman baru !... belajar ngomong lagi, body language yang smooth karena nge-les nge-les itupasti terjadi kalo kamu lagi argumen sama customer. Tampil lebih meyakinkan lah... Share pengalaman donk teman seputar QA affairs by comment. soalnya saya juga masih butuh bimbingan  dan advice dari para senior senior QA.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar