Monday, September 5, 2016

Apa? menganggur sudah 10 bulan?

Huft...
dari judulnya aja udah ketahuan sedih ya, terus mau ceritain apa gituh? ya walaupun aku saat ini lagi galau banget dan stress. boleh lah aku berbagi cerita tentang pengalaman interview dan profil perusahaan yang pernah nolak aku (Hiks.. Hiks..:'( )

1. PT. Reeracoen Indonesia (Cikarang Branch) -  12 Jan 2016
    Yang paling aku inget, panggilan pertama semenjak aku nganggur sejak Des 2015 yaitu di bulan Januari 2016, perasaan ku seneng banget soalnya tahun baru dan aku ngarepnya kesempatan baru. tapi aku baru tahu dan memang baru pertama kali ke perusahaan ini. ternyata perusahaan ini tuh Job Hunter. jadi dia Hunt orang pengangguran dan yang butuh kerja baru gitu terus di interview dan..... kalo ada job yang cocok baru di call lagi (hari itu pas lagi gak ada job yang cocok buatku, yaudah pulang tangan hampa deh ).Psst! interview nya full english loh..

2. PT. Gramedia Asri Media - 10 Maret 2016
     Ini sebenernya temen aku yang ribut banget kalo katanya di kota karawang mau dibangun Gramedia World. ya udah kita berdua bismillah ngelamar buat posisi Store Supervisor. kita ngelamar sekitar bulan Feb tapi entah kenapa cuma aku doank yang dipanggil buat psikotest. awalnya aku males mau ikut psikotest soalnya test nya jauh di palmerah barat, tapi karena di semangatin umi dan kakak kakak ku yaudah dengan bismillah lagi aku berangkat  dasar emang orang gak pengalaman pergi ke jakarta sendiri, gak tau kenapa malah salah naik bus. harusnya turun di jatibening malah ke rambutan, jadilah saya gagal (Reschedulle) karena datang sudah telat dari waktu yang mereka tentukan.
     nah seminggu kemudian aku dapet telpon lagi dari Gramed, suruh psikotes lagi katanya dan di wanti wanti jangan sampe telat lagi karena ini last chance buatku, nah kali ini aku berangkat pagiiii bangettt trus bela belain hari sebelumnya pesen travel biar gak telat lagi, dan syukurlah karena niat dan prepare yang mantap, hati senang wajah bahagia karena aku sampai disana tepat waktu dan ceritanya psikotesnya lancar jaya.
      beberapa hari kemudian aku dapet sms, pengirimnya sih tulisannya "Grammedia" tapi isi sms nya kosong, aku bingung lah? apa maksud nih? singkatnya aku abaikan aja sms itu karena udah siang dan mau berangkat jumatan.
       Senin pagi, tiba tiba aku dapet sms isinya gini "Mas udah sampe mana, kita tunggu di ruang xxx ya " lah? aku gak ngerti kan.. pas aku tanya ternyata sms itu dari pihak HRD grammedia dan aku sebenernya lolos psikotest nah senin pagi aku di jadwalkan untuk interview, waduhhhh!!! panik! kok grammedia gak infoin sih? apa sms yang hari jumat itu ya? dia bilang iya! nah aku mana tahu wong isinya kosong kok?tapi si orang HRD nya kayaknya gak percaya dan udah sampai disitu aja ceritanya. aku gagal gara gara sms kosong! WTF? D*mn lah... mungkin belom rejeki kali.

3. PT. JAC Recruitment - 27 april 2016
       Ini mah PT job hunter dan sistemnya mirip mirip kayak PT. Reeracoen lagi.

4. PT. Minda Asean Indonesia (UNOminda)  - 17 mei 2016
       Nah akhirnya  ini pertama kalinya aku dapet panggilan di dalem kota aku tinggal, lokasi PT nya di KIIC, lumayan dekat sama rumah dan aku menaruh harapan besar banget buat diterima tetapi.... ya gagl lagi, soalnya sebenernya posisi yang mereka tawarkan SPV QA dan aku basic nya QC udah gitu masih staff biasa lagi gak ada pengalaman handle bawahan. yah... belom rejeki lagi deh... :'(

4. PT. TOKAI RIKA INDONESIA - 6 juni 2016
       Hari pertama puasa, alhamdulilah ada panggilan interview di PT ini, aku anggap positif aja walau harus berangkat tengah hari bolong! jam 1 siang aku udah harus disana. PT nya sih lumayan besar tapi kayaknya karyawannya dikit soalnya cabutan dari kota tanggerang. interview nya campu campur english-indo-jepang gitu soalnya langsung sama managernya, ada interpreter jepang - english nya, cukup ngebantu sih tapi ya gak tau juga dia ngasih pemahaman ama jepang nya gimana dan... lagi lagi gagal :( . tapi kenapa? simple! soalnya aku lulusan sastra(bukan teknik) dan previous experience kurang apalagi bukan mantan pekerja di PT otomotif. huhhh! nyebelin !.

5. PT Indo Beras Unggul - 17 juni 2016
        Seminggu yang lalu aku dapet info dari adiknya tetangga, katanya ditempat dia kerja ada lowongan buat bagian QCstaff, ya udah aku apply donk ya siapa tahu ada rejeki disana, eh seminngu kemudian ada panggilan buat psikotest, bisa aku bilang ini PT parah abis, masa psikotest bulan juni, akhir juli baru ditelpon lagi buat interview, udah gitu pas interview si usernya sibuk banget! jadwal yang tadinya interview jam 9 jadi mundur jauh banget ke jam16;00!!! udah gitu dicuekin aja sama resepsionisnya, boro boro dikasih minum. senyum juga enggak tuh orang.
         Singkat cerita, aku udah sampe tahap medical check up ( akhir agustus! ) dan kata mereka hasil medical aku kurang bagus (mungkin karena kelebihan berat badan sama amandel kali ya? ) dan aku dinyatakan gagal! aku kecewa banget , bertapa tidak? coba kalian perhatiin deh apa ada proses perekrutan sampe butuh 3 bulan? warbyassah kan? nyatanya ada, dan ini beneran aku yang ngalaminnya.

sebenernya sih masih banyak banget tentang pengalaman aku seputar cerita kemana aja sih aku nyari kerja dan pengalaman test-interview di berbagai perusahaan, nih aku tambahin cerita singkatnya tapi gak detail kayak yang sebelumnya soalnya lupa tanggalnya kapan.

PT. Djabesmen
- siapa yang gak kenal PT ini? perusahaan besar loh terkenal lagi, budaya kerja dan User nya baik baik, kedua kalinya aku interview dikasih minum. sambutan dan HRD nya ramah. mupeng bangett kerja disini tapi aku gagal pas tahap psikotest . huft! unfortunatelly!

PT. Tri Saudara Sentosa Sejahtera
- yang aku ingat ini PT jauh di ujung kawasan Delta silicon 5 (kalo gk salah). psikotest dan interview HRD nya dari pagi sampe sore! aku gagal karena mereka inginkan orang yang pengalaman di Q.A Bagian menejemen komplain. yeelah.. aku kan QC kenapa juga dipanggil ya?

PT. Indosafety Indonesia
- Perusahaan ini katanya masih baru padahal sebenernya cabutan dari kota tanggerang dan ternyata masih satu grup sama Tokai rika (saling bersebelahan malah ).sebagai perusahaan baru pastinya tempatnya masih bersih dan karyawannya dikit kan? tentu aja , aku mupeng bener ingin kerja disini. orangnya ramah ramah dan keliatanya menejemennya bagus. mayoritas pekerjanya laki laki dan orang HRD yang interviewnya cakep lagi...oops! salah fokus.hehhee...
Finally i failed in psikotest. soalnya beuhh... menggambar 2D&3D dan ngebaca gambar teknik.

PT. Polymatech Indonesia
- Ini juga orang HRD nya baik dan ramah banget, sayangnya aku gak bisa dateng tepat waktu karena ban motor tiba tiba bocor. ini perusahaan jauh banget adanya di MM2100 udah gitu diujung lagi. aku gak ngerti kenapa bisa gagal? mungkin karena aku telat? kan udah minta maaf dan alesannya logis?

PT. SIIX EMS
-Yang paling menyenangkan dari PT ini adalah..... oarang jepangnya (USER) bisa bahasa indonesia! jadi apa yang aku sampaikan gak perlu lagi diterjemahin orang ketiga. tapi akhirnya gagal juga sih.. soalnya mereka cari leader QC yang udah pengalaman 5 tahun . what!?

PT. Three Royal Lion Industrials
- PT paling misterius sejagad lippo cikarang-delta silicon! pernahkah kalian melihat perusahaan tanpa plang (Nama perusahaan) sebagai penanda tempat? atau perusahaan yang halaman depannya Full rumput ilalang, no recepsionist, no parking lot? dan ini yang lebih mengejutkan lagi. masa karyawan nya gak pake seragam dan pake sendal jepit? Di HRD Office nya loh! mereka sih bilangnya perusahaan yang line bussiness nya Varnish-coating treatment. jadi kerjaan nya melapisi kotak karton, kartu nama atau kemasan suatu produk dengan pernis (pengkilap) gituu. ohh... pantes!
jujur aja! aku sih gak yakin deh ama ini tempat. ini perusahaan apa toko fotokopian? gak percaya? ato penasaran, separah apa sih? dateng aja langsung! seeing and believing guys!

PT, Keihin Indonesia
- aku baru aja interview di PT ini, perusahaan nya besar dan sepertinya bonafit sekali. saat ini sih perusahaan ini doank yang masih ada harapan, ya kemarin sih yang aku tangkap dari hasil interview, kayaknya mereka tertarik dan cocok. semoga aja kelanjutannya baik dan semoga ada orang HRD nya atau Usernya barangkali melihat blog ini, kemudian kasihan dan langsung terima aku kerja . hehehehe....

ya begitu lah temans kabar saya semenjak nganggur, hari hari di pakai untuk ngukur jalan dan ngliatin inbox email sambil terus berdoa dan usaha ngelamar disana sini.
semoga aja tulisan yang gak sistematis dan banyak bagian yang tidak mengikuti kaidah EYD yang berlaku ini bisa bermanfaat, dan semoga lagi setelah aku selasai ngetik dan tulisan ini di publish ke publik ada HRD atau pemberi kerja yang baca atau orang yang bisa membantu saya mendapatkan pekerjaan. hehehehee... Aaamin donk :) :D
Aaamin......

5 comments:

  1. psikotesnya gramedia soalnya apa aja ya? mohon info dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. 20 maret 2017 wew, masih baru.. udah d tes di gramed? tes psikotesnya apa aja kalo boleh tau, saya juga bulan maretini mau di tes d sana.. thx before

      Delete
  2. memang berat gan nyari kerja. saya juga hampir setengah tahun nganggur masih usaha dan berdoa semoga ada PT yang nyangkut..

    ReplyDelete
  3. alhamdulilah saya udah kerja di Perusahaan jepang di surya cipta.tapi sekarang sih mau nyari lagi yang baru. Psikotest Gramed mah biasa aja sih, krapelin dll. tapi banyak soalnya. ada sekitar 5 jenis test.

    ReplyDelete